30 August 2013

Terjemahan Wawancara RUKI the GazettE di Majalah CUTiE



-- Rilisan terbaru, “FADELESS”, akan menjadi single pertama kalian dalam dua tahun terakhir ini.

“Ya. Aku berencana untuk tetap dengan rutinitas merilis lagu seperti biasanya, kurasa itu bagus, itu akan menghasilkan sebuah single yang luar biasa dari semua lagu yang akan kubuat. Gambaran umum dari PV-nya muncul begitu saja, dan subjek utama di balik liriknya mudah dimengerti dibandingkan dengan lagu-lagu kami yang lain.”

-- Jadi liriknya mempunyai makna yang literal dan merupakan jenis yang perlu dibaca secara tersirat bukan?

“Apa yang tertulis sangat sederhana. Seperti kata-kata yang terhubung, jadi gambaran itu datang dengan cepat ke dalam pikiranku. Pada akhirnya, fakta terbaik ialah pesan dari sebuah lagu terkirim dengan cara yang sederhana. Sebenarnya dalam hal ini kami menginginkan tampilan dan sound yang sederhana. Yah, tapi kami tidak tahu apakah itu akan terlihat seperti itu atau tidak nantinya (lol).”

-- Apakah Anda mencoba menggunakan jalan aman karena itu adalah sebuah single?

“Sederhananya, itu cara yang kami pakai saat ini. Ada kalanya ketika kami ingin mengejar sesuatu yang akan melibatkan banyak hal sehingga ada saat-saat dimana kami ingin melakukan hal-hal yang sederhana. Jadi kali ini kami putuskan tidak melakukan itu secara terlalu buruk ataupun baik, tidak juga dengan tema musim panas, pokoknya tidak berlebihan (lol). Kami benar-benar tidak punya pikiran semacam ini, ini terjadi begitu saja secara alami.”

-- Lagu yang kedua, “QUIET”, memiliki melodi yang lebih terasa saat pertama kali mendengarnya, dengan sound yang ke-pop-pop-an, namun pada kenyataannya, menurutku pembuatan lagu ini agak sedikit rumit?

“Ya. Sound kami sebenarnya lebih terdengar seperti itu, jadi single ini luar biasa dalam artian para pendengarnya bisa merasakan kedua sisi tersebut, itulah apa yang kupikirkan. Tapi sekarang kami sedang berada di tengah-tengah proses pembuatan album selanjutnya dan hasilnya mungkin akan penuh dengan bebagai variasi, jadi kupikir sebuah single saja tidak cukup untuk memperlihatkan hal tersebut.”

-- Jadi ini cuma sebuah single permulaan saja?

“Kami tidak menganggapnya seperti itu atau seperti apa, jadi… um… (lol).”

-- Jadi tidak masalah kalau berpikir single ini sebagai karya yang independen, termasuk juga PV-nya?

“Tentu saja. Lebih dari sekedar membuat CD, kami berpikir kalau kami harus membuat sesuatu yang berharga. Bagaimana aku bisa menempatkan ini... Ini hanya sebuah bagian yang polos dan sederhana, namun dulu saat aku memegang CD di tanganku, perasaan gembira yang selalu kurasakan ketika aku membuka paket yang ingin kusematkan dalam karyaku sendiri.”

-- Ah, jadi Anda seorang genuine rock kid

“Benar. Bahkan sampai sekarang (lol). Band-band yang kusukai saat aku masih melihat ke dalam adorasi, aku masih merasa sangat senang ketika aku membeli rilisan terbaru mereka, dan ada kalanya aku sedih hanya karena menyukai mereka. Untuk beberapa alasan, perasaan seperti itu masih ada di dalam diriku, jadi aku ingin fans kami juga merasakan semangat yang sama di dalam musik kami.”

-- Dan perasaan itu dibawa oleh FADELESS, akankah itu terasa lagi saat di konser?

“Benar. Secara alami, perasaan dari sound saat di konser berbeda dengan sound yang ada di CD. Itulah mengapa aku berpikir baik kami maupun fans sama-sama bisa menikmati perubahan tersebut secara selaras.”

-- Musim panas ini kalian akan berpartisipasi dalam sebuah festival, sebuah world tour yang terdiri dari 9 kali penampilan pada bulan September, Oktober, dan November, kalian juga akan melakukan tur nasional, jadwal live kalian dikemas secara komplit.

“Yah sebenarnya ini normal-normal saja. Kami akan bersenang-senang di festival dan world tour, dan di tur nasional kami dulu ada sebanyak 70 show, jadi tahun ini berarti 30 show, ini keseimbangan yang baik, yang mana berarti bagus."

-- Tapi, jumlah pekerjaan yang kalian kerjakan dalam setahun benar-benar bukan becanda, ‘kan?

“Menghabiskan setengah tahun untuk membuat rilisan, dan setengah tahunnya lagi melakukan apa yang sudah biasa kami lakukan selama bertahun-tahun jadi kami sudah terbiasa untuk hal ini. Sebenarnya kami akan lebih gelisah lagi kalau kami tidak melakukan aktivitas apapun. Itulah mengapa hal sebanyak ini bukanlah masalah. Meskipun kami mengeluh sebagai orang yang melakukan banyak hal karena kami memang melakukannya terlalu banyak.”


© CUTiE
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh yuma-tama

No comments: